Dampak Negatif Anak Keseringan Main Touch Screen

Dampak Negatif Anak Keseringan Main Touch Screen

Ohayo.co.id – Seperti yang kita tahu bersama bahwa di jaman sekarang ini telah banyak beragam gadget dengan menggunakan layar sentuh atau touch screen, mulai dari smartphone hingga tablet. Anak – anak di jaman sekarang pun mudah sekali akrab dengan berbagai gadget. Kemudahan layar sentuh memang benar – benar membuat anak tidak menemui kesulitan yang berarti pada saat bermain dengan smartphone. Anda harus mengetahui dampak negatif anak keseringan main touch screen.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu waspada jangan sampai Anda membiarkan anak keseringan bermain dengan layar sentuh. Sebab, dampaknya bisa cukup negatif. Kira – kira apa saja dampak negatif jika anak terlalu sering main touch screen? Berikut ulasan selengkapnya.

Dampak Negatif Anak Keseringan Main Touch Screen

Dampak Negatif Anak Keseringan Main Touch Screen ok

Ada sebuah penelitian di Inggris yang menyebutkan bahwa anak usia 6 bulan hingga 3 tahun yang sering main gadget dengan layar sentu atau touch screen ini akan butuh waktu yang lebih lama lagi untuk bisa terlelap tidur, jika dibandingkan dengan anak yang jarang sekali main touch screen. Balita dan anak – anak yang sering bermain dengan layar sentuh akan lebih banyak tidur saat siang hari tetapi akan sulit tidur di malam hari. Kualitas tidur anak bisa terkena dampaknya jika kebiasaan main gadget tidak dibatasi.

Baca Juga : Game Android Ringan Terpopuler Untuk Anak Usia 5 Tahun

Dalam penelitian sebelumnya, terlihat jelas ada hubungannya antara penggunaan touch screen dengan efeknya terhadap kualitas tidur. Anak – anak dan juga remaja bisa mempunyai masalah sulit tidur dan tak mendapatkan cukup jam tidur di malam hari jika keseringan bermain touch screen. Tim Smith adalah dosen psikologi kognitif di Brikbeck juga menyebutkan bahwa penggunaan layar sentuh atau touch screen bisa mempengaruhi mental serta psikologi anak.

Walaupun para peneliti masih belum memberikan penjelasan secara pasti dan lebih lanjut akan efek jangka panjang dari penggunaan touch screen pada anak, orangtua tetap harus waspada dan mengawasi penggunaan gadget pada anak. Jangan sampai anak bermain hanya dengan gadgetnya dalam waktu yang lama setiap harinya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang dampak negatif anak keseringan main touch screen. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password