Supaya Awet Terapkan 3 Cara Perawatan Kompor Gas yang Baik Berikut Ini

Cara Perawatan Kompor Gas yang Baik - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bagi para ibu rumah tangga informasi mengenai cara perawatan kompor gas yang baik di bawah ini akan sangat berguna. Kompor gas yang merupakan benda yang wajib dimiliki setiap rumah tangga memang akan cepat kotor karena berada di area dapur. Karena merupakan perlengkapan yang cepat kotor maka Anda harus lebih memperhatikan kompor gas ini untuk melakukan perawatan. Perawatan terhadap kompor gas sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena bisa membuat kompor cepat rusak dan berisiko meledak. Nah berikut ini ada beberapa cara merawat kompor gas yang baik dan benar supaya tetap awet dan tahan lama. Berikut ulasannya.

Cara Perawatan Kompor Gas yang Baik

Cara Perawatan Kompor Gas yang Baik - Ohayo.co.id 2

Bersihkan Tungku Kompor Gas Secara Berkala

Cara pertama merawat kompor gas supaya awet adalah dengan membersihkan tungku kompor secara berkala. Sebagai bagian terpenting dari kompor gas, tungku memang menjadi sesuatu yang perlu rutin di cek kebersihannya. Sebab bila tungku ini dibiarkan kotor maka kotoran tersebut bisa menyumbat tungku dan membuat warna api berubah menjadi merah. Cara untuk membersihkan tungku ini yakni dengan melepas penutup besi, mencabut kepala selang dan bersihkan dengan lap kering. Rutinlah melakukan pembersihan tungku ini minimal sekali dalam seminggu.

Cek Selang dan Regulator dengan Rutin

Sebagai komponen keamanan dari risiko kebocoran dan ledakan gas maka selang dan regulator juga perlu dirawat. Meski merupakan perangkat yang tidak banyak terpengaruh oleh faktor kebersihan dapur, selang dan regulator dari kompor gas menjadi krusial karena menentukan keamanannya. Untuk perawatan selang Anda hanya perlu memastikan posisinya yang jauh dari panas, memasang dengan kencang dan juga mengecek bila ada yang sobek. Sementara itu untuk regulator setel ke tekanan paling rendah supaya tabung gas tidak terbebani dengan berlebih yang bisa menyebabkan ledakan.

Cara Perawatan Kompor Gas yang Baik - Ohayo.co.id 1

Bersihkan Badan dan Tombol Kompor Gas

Terakhir, perawatan pada kompor gas yang baik supaya awet bisa Anda lakukan pada badan dan tombol kompor gas. Jadi bersihkan secara rutin kedua komponen pendukung kompor gas ini dengan air sabun dan lap basah. Dengan rutin membersihkannya dari kotoran dari bahan-bahan makanan yang tumpah saat memasak maka kompor gas akan selalu terlihat bersih dan akan awet.

Inilah beberapa cara untuk melakukan perawatan pada kompor gas yang baik agar awet. Nah untuk Anda yang sedang membutuhkan kompor gas maka Anda bisa mendapatkannya di Akulaku. Dengan belanja di Akulaku Anda bisa melakukan pembayaran secara mencicil tanpa kartu kredit.

 

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password