Motor Matic Bergetar? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya Disini!

motor matic bergetar

Ohayo.co.id – Mungkin saja sebagian dari Anda berpikir bahwa motor matic ini adalah jenis kendaraan yang praktis. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selama demikian, bila dibilang simpel pun masih relatif sebab motor matic tetap butuh perhatian ektra dari pemiliknya. Dan salah satu yang perlu mendapat perhatian khusus ketika motor matic bergetar adalah v-belt. Karena motor matic adalah kendaraan transmisi otomatis, sehingga menggunakan v-belt untuk bisa meneruskan putaran pulley bagian depan atau engine untuk menuju ke bagian belakang atau roda.

Jika Anda kurang dalam hal perawatan dan tidak memperhatikan kondisi v-belt, maka motor matic Anda akan kurang bertenaga. Umumnya masalah timbul pada saat Anda sedang menarik gas, kemudian motor akan terasa bergetar. Nah, ini juga menjawab pertanyaan, kenapa motor matic bergetar saat digas?

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Bergetar

motor matic bergetar ok

Masalah motor matic bergetar ini disebabkan oleh v-belt yang tak sehat. Kondisi tersebut mengharuskan Anda untuk mengganti secepat mungkin. Kasus yang paling parahnya lagi adalah laju motor matic jadi tersendat – sendat. Penggunaan yang melewati batasan maksimum pada v-belt akan menjadikan komponen tersebut retak. Bahkan beberapa kasus dikatakan nyaris putus. Apabila suda putus pastinya motor matic tidak akan bisa berjalan. Karena v-belt ini mempunyai fungsi yang sama seperti rantai pada motor manual.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Matic Agar Performa Tetap Awet

Nah, untuk menghindari atau mengatasi kondisi mengenaskan tersebut, lebih baik Anda mengganti v-belt secara berkala yakni tiap penggunaan 24.000 km. Jika sudah melewati itu motor matic Anda tetap bisa berjalan, akan tetapi jangan dipaksakan. Karena yang demikian ini hanya akan membuat rusak komponen yang lainnya. Itu artinya uang yang Anda habiskan di bengkel untuk onderdil baru akan semakin banyak lagi.

Selain hal tersebut, Anda juga sangat tidak diperkenakan untuk lakukan pengereman, sementara gas masih Anda tarik terus. Ada baiknya lepaskan terlebih dulu gasnya, baru kemudian tuas remnya ditarik. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko rusaknya v-belt pada motor matic Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab dan cara mengatasi motor matic bergetar. Semoga bisa bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password