Cara Mengatasi Mobil Mesin Bensin Mati Mendadak

Cara Mengatasi Mobil Mesin Bensin Mati Mendadak

Ohayo.co.id – Pada saat sedang dalam perjalanan, kadang kala ada saja masalah yang sering dialami, seperti mobil tiba – tiba mogok. Apalagi bila memang posisinya cukup jauh dari bengkel, sehingga Anda harus bersiap diri untuk memberikan pertolongan pertama perawatan pada mobil Anda tersebut. Jika bisa direparasi secara langsung, pastinya Anda tak harus sampai menunggu montir panggilan mendatangi Anda.

Memang sih pada mobil mesin bensin, seperti Carry, Futura ataupun Zebra ini sering sekali alami kerusakan, khususnya pada sistem pengapian. Masalah pengapian satu ini banyak sekali ditimbulkan karena platina ataupun CDI yang telah rusak. Cara menanganinya sangat mudah sekali, silahkan Anda simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Mobil Mesin Bensin Mati Mendadak

Cara Mengatasi Mobil Mesin Bensin Mati Mendadak ok

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepaskan kabel koil yang ada pada distributor ataupun tempat platina/CDI. Pilihlah kabel tengah dari 5 kabel busi. Setelah itu, coba dekatkan busi dengan body mesin. sembari distarter, perhatikan percikan api yang muncul. Jika api yang tepercik tersebut berwarna kebiruan, maka pengapiannya sudah berjalan dengan normal. Akan tetapi bila sama sekali tak muncul percikan, itu artinya ada yang salah dengan kelistrikan di sistem pengapian.

Baca Juga : Perawatan Mobil Secara Berkala Agar Performanya Tetap Terjaga

Apabila yang demikian ini terjadi, silahkan cek platina dan perhatikan apa platina putus ataupun masih utuh. Selain hal tersebut, cek juga keausan koil dan juga kondensor. Kemudian jangan lupa cek kabel penghubung antara koil dengan platina. Untuk yang terakhir adalah dengan memastikan juga untuk mengecek ada tidaknya aliran listrik yang masuk ke koil.

Kemungkinan yang selanjutnya adalah masalah bisa saja datang dari komponen penyalur bahan bakarnya. Di sini Anda bisa secara langsung mengetahuinya melalui suara pompa bensin yang bersuara. Jika pompa bensinya normal, umumnya akan bersuara “tek – tek” secara lambat dan perlahan. Atau untuk mobil seperti Espass, umumnya akan muncul getaran dan setelah bensin memenuhi tabung filter, pompa akan berbunyi pelan. Bila tidak muncul tanda – tanda yang seperti ini, kemungkinan bensin memang tak bisa naik.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi mobil mesin bensin mati mendadak yang bisa anda terapkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password