Haid Tidak Lancar? Begini Cara Mengatasinya

Haid Tidak Lancar

Ohayo.co.id – Haid atau menstruasi adalah momen yang rutin dialami, setidaknya 1 kali dalam 1 bulannya. Haid sendiri merupakan keadaan dimana tubuh wanita alami perkembangan. Darah kotor di dalam rahim akan dibuang selama haid terjadi. Biasanya lama haid adalah 2 – 7 hari.

Normalnya, siklus haid terjadi antara 28 – 35 hari. Tetapi sepertinya haid yang normal tidak serta merta dirasakan setiap wanita. Ada beberapa yang memiliki siklus haid tak lancar dan mengalami haid dalam waktu 2 atau 3 bulan sekali. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang jadi penyebab kenapa haid atau menstruasi yang terjadi tidak lancar. Selengkapnya akan kami bahas pada ulasan berikut ini.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid Tidak Lancar ok

Memang benar sekali bahwa ada banyak hal yang menjadikan menstruasi jadi tidak lancar. Dimana hal tersebut mulai dari pikiran yang stress berat, depresi, pola makan tak sehat, pola hidup tak sehat, kurang waktu istirahat, penurunan atau naiknya berat badan secara drastis, adanya resiko penyakit yang ada kaitannya dengan rahim dan organ intim hingga adanya gangguan pada kelenjar tiroid dalam tubuh.

Baca Juga : Cek Tanda Haidmu Gak Normal di Sini!

Hormon yang tak seimbang juga dipercaya sebagai penyebab utama kenapa haid tidak lancar. Sebab hormon setiap wanita tidak sama, masa haid wanita satu dengan yang lain pun tidak sama. Tidak lancarnya haid juga terjadi karena kehamilan. Tetapi, kehamilan ini adalah suatu hal yang sangat tak perlu dikhawatirkan.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Untuk bisa mendapat siklus haid yang lancar, penting sekali bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, penting juga supaya Anda mempunyai waktu istirahat yang cukup, menghindari rokok, alkohol dan berbagai jenis makanan juga minuman yang bisa menghambat datangnya haid.

Beberapa jenis makanan dipercaya dapat membantu Anda untuk mendapatkan haid lancar selama Anda mau mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Makanan tersebut diantaranya adalah daun pepaya, wortel, kunyit, jahe, air kelapa hijau, air putih cukup dan berbagai jenis sayuran hijau.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi haid tidak lancar. Semoga bisa bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password