Cara Efektif Merawat Rantai Motor yang Harus Diketahui

Merawat Rantai Motor

Ohayo.co.id – Buat Anda nih yang menggunakan motor sebagai kendaraan sehari – hari, baik itu untuk bekerja, pergi ke sekolah atau melakukan hal apapun, mungkin saja kendala yang paling sering terjadi adalah masalah rantai.

Apalagi jika sudah datang musim penghujan seperti sekarang ini, rantai akan lebih mudah kotor oleh lumpur, lalu kering sebentar dan basah lagi terkena hujan, hingga akhirnya menjadi kendur. Kendur pun akan sebabkan motor kesayangan Anda berisik dan tak nyaman digunakan. Hal yang paling buruknya lagi adalah rantai motor bisa putus dan rusak. Pastinya Anda tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Dibawah ini ada beberapa cara efektif untuk merawat rantai motor agar awet dan tak merepotkan Anda.

Cara Efektif Merawat Rantai Motor yang Harus Diketahui

Merawat Rantai Motor ok

Memeriksa rantai secara berkala

Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan rantai dari kerusakan. Tak hanya sekedar mengendurkan ataupun mengencangkan, akan tetapi mengatur pengunci pin sambungan rantai serta membersihkan kotoran yang menempel juga perlu Anda lakukan. Apabila Anda sering melewati jalanan yang berlubang dan sering melaju dengan kecepatan yang tinggi, posisi pin pastinya akan berubah, karena beban rantai untuk menarik roda motor jadi semakin berat.

Bersihkan kotoran pada rantai

Musim penghujan pastinya membawa petaka bagi rantai, karena hal tersebut cenderung membuat Anda malas untuk mencuci motor sebab beranggapan itu akan percuma bila setelah dicuci ternyata turun hujan lagi. Jangan pernah menyepelekan hal ini, karena rantai adalah komponen terpenting pada motor. Kebersihannya berbanding lurus dengan kenyamanan Anda berkendara. Bila tidak dibersihkan, maka rantai motor akan berkarat.

Baca Juga : Agar Motor Tetap Memiliki Performa Bandel, Terapkan Tips Ini!

Memotong rantai 1 kali

Ini adalah cara paling ideal dan jitu bila ingin awet. Karena hal tersebut bisa menghindarkan Anda pada kendurnya rantai. Tak ada yang perlu Anda khawatirkan untuk hal satu ini, masih tetap aman kok bagi Anda. Tetapi juga harus diingat, bila Anda sudah pernah melakukan hal tersebut, maka jangan lagi memotong untuk yang kedua kalinya.

Menggunakan gear dan rantai asli

Penggunaan gear dan juga rantai palsu sangat beresiko pada kerusakan. Apalagi bila itu dari merk yang kurang terpercaya. Jadi, jika terpaksa Anda harus mengganti karena gigi pada gear sudah mulai menipis, lebih baik belilah yang asli demi keselamatan Anda.

Demikian informasi tentang cara efektif merawat rantai motor yang harus diketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password