Cara Ampuh Buat Kondisi Motor Selalu Sehat

Kondisi Motor Selalu Sehat

Ohayoco.id – Sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit dilakukan untuk merawat motor kesayangan Anda. Agar kondisinya tetap dalam performa puncaknya, cukup dengan rutin lakukan perawatan yang ringan – ringan saja, misalnya saja pada komponen seperti filter udara ataupun busi yang menancap pada bagian mesin motor Anda. Dibawah ini ada beberapa komponen yang harus mendapat perhatian secara rutin supaya kondisi motor selalu sehat. Silahkan di simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Ampuh Buat Kondisi Motor Selalu Sehat

Kondisi Motor Selalu Sehat oke

Cek tangki bensinya

Mengecek kondisi tangki bensin ini harus dilakukan apabila Anda suka mengisi bahan bakar di tukang ecer pinggir jalan yang rawan sekali mendapatkan bensin campuran. Merawat kondisi tangki motor setiap 6 bulan sekali dengan memberi cairan pembersih kerak yang ditimbulkan bahan bakar yang mengendap bisa menjadikan tarikan motor Anda tetap prima.

Cek kondisi olinya

Oli juga berperan penting pada performa motor kesayangan Anda. Apabila mesin kekurangan oli, maka dijamin akan cepat panas dan performa akan menurun drastis. Selain hal tersebut, oli yang mulai menguap dan juga berkurang volumenya juga dapat menjadikan silinder head tergores. Maka dari itu, Anda harus rajin mengganti oli setiap 2-3 bulan sekali.

Baca Juga : Agar Motor Tetap Memiliki Performa Bandel, Terapkan Tips Ini!

Cek karburatornya

Apabila motor Anda masih menggunakan karburator, maka komponen satu ini juga harus mendapat sentuhan secara rutin. Cara untuk mengecek karburator pada motor sangatlah mudah, cukup dengan menutup saluran intake karburator menggunakan tangan sambil menyalakan motor. Apabila tangan Anda terasa basah karena adanya percikan bahan bakar, itu artiya kondisi karburatornya masih dalam keadaan bagus, begitu pun sebaliknya.

Cek filter udaranya

Filter udara ini tugasnya adalah untuk menyaring udara yang masuk ke motor, sehingga menjadikan komponen tersebut penting peranannya. Apabila filter udaranya sudah banyak mengandung debu ataupun kotoran, maka lebih baik ganti filter udara ini dengan cara membeli spare part orisinil. Biasanya usia filter udara tersebut berkisar 15 ribu km.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara ampuh buat kondisi motor selalu sehat. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password