Begini Lho Posisi Badan yang Benar Saat Mengerem

Begini Lho Posisi Badan yang Benar Saat Mengerem

Ohayo.co.id – Kira – kira sudah benar nggak posisi badan Anda pada saat mengerem? Bisa kami pastikan jika sebagian besar dari Anda semuanya masih belum tahu jika ternyata ada lho posisi yang benar pada saat mengerem. Walaupun banyak diantara mereka yang asal mengerem tanpa tahu mana posisi badan yang benar ketika hendak mengerem. Untuk itu penting sekali mengetahui posisi badan yang benar saat mengerem berikut ini.

Posisi Badan yang Benar Saat Mengerem

Posisi Badan yang Benar Saat Mengerem

Perlu Anda tahu bahwa teknik mengerem sepeda motor yang baik ini adalah paduan antara timing, penekanan tuas rem, dan juga posisi tubuh. Dari ketiga faktor tersebut umumnya yang masih luput dari perhatian banyak orang adalah yang paling akhir. Chief Instructor Safety Riding Astra Honda Motor yang bernama Johanes Lucky berkata bahwasannya posisi badan tak boleh tegak lurus pada titik gravitasi motor. Lebih baik pinggang ke atas, seharusnya diposisikan agak ke bagian belakang.

Posisi tubuh yang benar pada saat mengerem ini harus ke belakang. Alasannya, adalah dikarenakan pada saat mengerem, energi kinetik pada saat motor bergerek akan mengalir serta menumpuk pada bagian depan motor hingga kemudian berhenti. Dengan mengayunkan tubuh ke bagian belakang, pengendara motor sejatinya sedang seimbangkan energi kinetik yang berada di depan. Jadi, posisi ini alasannya lebih untuk keseimbangan motor saja.

Apabila pengereman dilakukan secara dadakan dan juga tidak dengan teknik yang baik, mungkin ban bagian belakang terangkat. Sementara itu pada saat ban terangkat pengereman sebenarnya tak stabil. Nah, di sanalah pengemudi berpotensi terjatuh. Teknik yang satu ini memang tak bisa secara langsung dapat dipraktekkan. Karena, sebagaimana gaya dalam berkendara lainnya, posisi tubuh pada saat mengerem juga ada kaitannya dengan kebiasaan, yang mana pada umumnya posisi tubuh malah ke depan.

Demikian kilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda tentang posisi badan yang benar saat mengerem. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga : Aksi Emak Emak Lolos Ujian SIM, Pantas Jadi Duta SIM Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password