Aturan Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Aturan Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Selama tak ada komplikasi ataupun masalah khusus, maka olahraga sangat dianjurkan, tak terkecuali bagi ibu hamil. Selain berguna untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, olahraga pada saat kehamilan ini ternyata juga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk memudahkan proses persalinan nanti. Hanya saja, memang ada beberapa aturan olahraga bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan dan diikuti, saat ibu hamil akan melakukan olahraga.

Aturan Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Aturan Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan - Ohayo.co.id 1

Jangan pernah memaksakan diri Anda

Lamanya waktu berolahraga dalam sehari ada baiknya tak lebih dari 30 menit. Selain hal tersebut, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dulu mengenai boleh atau tidaknya Anda melakukan olahraga saat sedang hamil. Sebab kondisi kehamilan seseorang bisa saja berbeda – beda.

Melakukan secara perlahan

Untuk lebih amannya, silahkan lakukan olahraga secara perlahan. Jangan pernah buru – buru atau memforsir tenaga habis – habisan. Baik itu olahraga jogging, angkat beban, maupun yoga, ada baiknya dilakukan dengan pelan – pelan. Selain itu, pastikan juga tubuh Anda tetap nyaman pada saat melakukan olahraga tersebut. Selalu ambil jeda beristirahat pada saat olahraga. Karena ketika hamil biasanya tubuh akan terasa lebih mudah gerah ataupun kepanasan. Kondisi maupun lingkungan dengan suhu yang sejuk jauh lebih ideal bagi ibu hamil. Tak hanya itu saja, pada saat melakukan olahraga, usahakan untuk selalu ambil jeda istirahat dalam interval tertentu, sebab detak jantung umumnya lebih cepat ketika hamil.

Aturan Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan - Ohayo.co.id 2

Siapkan air putih

Pada saat kehamilan kebutuhan air putih jangan sampai tak terpenuhi selama Anda berolahraga. Jadi, selalu siapkan air putih yang cukup tiap kali Anda lakukan olahraga. Jangan sampai Anda alami dehidrasi.

Memilih jenis olahraga yang aman dan nyaman

Anda tak perlu harus memaksakan diri untuk lakukan olahraga yang memang tidak disukai. Sebab nanti justru membikin stress sendiri dan berakibat pada kestabilan emosi. Pastikan Anda pilih jenis olahraga yang bisa buat Anda nyaman dan pastinya juga aman.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang aturan olahraga bagi ibu hamil yang harus diperhatikan. Semoga bisa bermanfaat.

 

Tertarik mendapatkan promo eksklusif seputar Produk Ibu Hamil?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & nikmati promo spesialnya! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password