Bukan Gengsi, Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis

Pria Sulit Menangis

Ohayo.co.id – Khususnya buat Anda nih para pria, kira – kira kapan kalian terakhir meneteskan air mata? Pertanyaan tersebut memang terbilang sangat sederhana, tetapi ternyata sulit dijawab kaum adam. Maklum, bahkan mereka pun mungkin lupa waktu cairan meleleh dari kedua indera penglihatannya.

Dan ternyata ada alasan dibalik pertanyaan kenapa pria sulit menangis. Bukan karena gengsi, sebab takut disebut pria cengeng. Biar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa pria sulit menangis.

Ini Alasan Pria Sulit Menangis

Pria Sulit Menangis ok

Didikan sejak kecil

Georgia Ray adalah seorang psikologi menjelaskan bahwa pria tak mudah menangis jika dibandingkan wanita sebab ada hubungannya dengan sifat serta pengasuhan. Sejak kecil pria dididik agar bisa menjadi makhluk yang kuat, jadi tulang punggung keluarga dan tak mudah terluka.

Hormon menangis lebih rendah

Pria memiliki tingkat prolaktin yang lebih rendah jika dibandingkan wanita. Sebagai catatan, prolaktin merupakan hormon yang ikut keluar bersama air mata pada saat manusia alami guncangan emosi.

Baca Juga : Benarkah Wanita Lebih Pintar Bertahan Hidup daripada Pria?

Stereotip

Stereotip yang sekian lama terbangun akhirnya mendarah daging bersama dengan jiwa kaum pria. Mereka terlatih untuk tak menunjukkan air mata. Jika pun menangis, ia akan melakukannya dengan cara yang tak menghilangkan harga diri.

Hormon testosteron lebih tinggi

Disebutkan juga bahwasannya pria mempunyai hormon testosteron lebih tinggi daripada wanita. Dr. Louann Brizendine mengatakan bahwa fungsi dari hormon tersebut adalah meningkatkan ambang antara stimulus emosional dengan keluarnya air mata.

Saluran air mata lebih besar

Misteri satu ini pun juga bisa dijelaskan secara biologis, pria mempunyai saluran air mata yang lebih besar daripada wanita. Faktor tersebut kemudian mempengaruhi air mata sehingga tak mudah jatuh.

Jadi, Anda sekarang sudah tahu kan kenapa pria cenderung tak mudah menangis? Bukan karena tidak peka, akan tetapi memang diciptakan seperti itu. Walaupun demikian, pria terkuat sekalipun sebetulnya masih wajar dan bisa meneteskan air mata.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang alasan pria sulit menangis. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password