Cari Tahu Alasan Kenapa Ban Motor Tiba – Tiba Kempes Disini!

Ban Motor Tiba

Ohayo.co.id – Kadang kalanya pada saat sedang berkendara ataupun memarkir kendaraan, Anda mendapati ban tiba – tiba saja kempes. Hal tersebut memang sering sekali terjadi pada motor. Ya, tanpa diketahui apa penyebabnya secara jelas itu akan membuat Anda kesal dan jengkel. Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan kepada Anda beberapa penyebab umum kenapa ban motor tiba – tiba kempes.

Ini Alasan Kenapa Ban Motor Tiba – Tiba Kempes

Ban Motor Tiba ok

Adanya butiran pasir

Mungkin saja Anda tak akan menyangka bahwasannya ternyata butiran pasir ini bisa membuat ban motor Anda jadi kempes tanpa terlihat. Butiran pasir umumnya menempel diantara ban dan velg. Menumpuknya butiran pasir tersebut ternyata membuat gelembung udara yang akan terlihat pada saat ban direndam dalam air.

Ban yang terlalu tipis

Ban motor yang sudah terlalu tipis juga bisa menjadi penyebab utama mudah bocor. Jelas, dengan kondisi yang seperti ini ban menjadi sangat rentan kempes. Jadi, sebisa mungkin Anda harus lebih rajin lagi mengontrol kesehatan ban. Jangan sampai ban sudah gundul tetapi Anda masih saja tetap mengendarainya.

Baca Juga : Tips Sederhana yang Patut Dilakukan Saat Ban Bocor di Jalan

Bocor halus

Bocor halus ini umumnya diartikan sebagai keadaan dimana ban alami kebocoran dengan lubang yang kecil banget. Kebanyakan terkena kerikil yang tajam. Walaupun hanya sebesar lubang jarum, tetapi hal tersebut cukup membuat Anda frustasi, khususnya bila Anda sedang ingin buru – buru menggunakan motor. Bocor halus biasanya memang tidak terlihat dan baru akan terasa setelah 1 atau 2 hari.

Pentil ban yang kendor

Pentil ban yang kendor bisa juga menjadi pemici kenapa ban motor kesayangan Anda tiba – tiba kempes. Itu sebab kenapa ada banyak tukang tambal ban setelah selesai memompa ban selalu menempelkan air ludahnya pada permukaan pentil. Hal ini dilakukan untuk mengecek pentil, jika terjadi gelembung udara, maka artinya pentil ban tersebut kendor atau tidak pas peletakannya.

Demikian informasi tentang alasan kenapa ban motor tiba – tiba kempes yang perlu Anda tahu. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas dapat bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password